Hiburan Masyarakat dan Iringan Seni Musik Tradisional

Ada berbagai macam musik bagi warga yang bisa untuk dinikmati. Musik ini ada macam dan jenisnya. Tren musik kini sudah berubah menjadi banyak genre. Setiap orang memiliki ciri khas genre musik masing-masing. Diantaranya ada yang menyukai dangdut, yang biasanya dangdut menjadi banyak pilihan. Alunan yang dilengkap degan gendang, menjadikan dangdut bisa membuat bergoyang. Tidak hanya dangdut, ada yang lain yakni jenis pop. Bagi kalangan milenial pop sangat disukai. Banyak band lokal yang kini hadir dengan lagu citaan sendiri dengan berbagai ciri khas. Ada yang mengusung nuansa percintaan, islami dan lain sebaganya. Dangdung dan pop menjadi salah satu seni musik yang dimainkan dengan peralatan modern.o

Tidak melulu, kedua jenis ini yang sedang laku dipasaran. Banyak jenis yang bisa dimainkan dengan peralatan modern. Ada jenis rock dan regee yang disukai oleh kalangan tertu. Kalau rock menawarkan alunan yang cepat dank eras. Sedangkan regee lebih santai saat dinikmati. Keduanya dapat membuat orang yang mendengar ikut bergoyang. Sangat menarik jika hal diini bisa Anda nikmati. Menggunakan media digital yang kini lebih relevan digunakan ditengah hadirnya virus corona. Selain jenis di atas sebetulnya masih banyak lagi yang lain adalah seni islami, lagu jazz, tembang jawa, sunda dan masih banyak yang lain.

Seni Musik Tradisional yang Mengiringin Pertunjukan Masyarakat

Hiburan Masyarakat dan Iringan Seni Musik Tradisional
  • Wayang Kulit

Seni ini adalah seni yang cukup tua. Dibuat oleh zaman wali songo, identik yang paling dikenal adalah sunan kalijaga. Wayang merupakan perpaduan dua budaya jawa islam. Dimainkan oleh dalang dengan menggerakan wayang kulit. Biasanya wayang saat dimainkan ada judul. Memberikan nilai pendidikan kepada para penontonya. Dulu oleh para wali digunakan sebagai media dakwah Islam. Tetapi, hari ini tren wayang kulit sudah tergantikan dengan banyak hadirnya se mgni. Sehingga eksistensinya bisa berubah dengan seni modern. Wayang menjadi seni yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia, bahkan dunia. Selain dalang, ada juga sinden dan pemegang alat musik yang mengiringinya.

  • Reok

Tidak hanya wayang kulit, reok juga diiringi oleh seni musik tradisional. Ini menjadi salah satu kesenian jawa yang hingga kini diminati khususnya oleh masyarakat pedesaan. Dilengkapi dengan tabuhan seperti ketipung, gamelan, gong dan saron. Beberapa adegan mistik dilakukan dalam seni pertunjukkan reok. Hal ini untuk menghibur penonton. Dalam pertunjukan reok dimainkan oleh banyak orang satu tim. Ketika musik di tabuh maka pemain akan menari-nari. Dengan irama yang ada, tarian sudah ada gerakan sendiri mereka dengan kompak menari. Hingga ada adegan mistik seperti ada yang kesurupan dan lainnya. Penari dalam menari dilengkapi dengan kuda kepang.

  • Debus

Tidak hanya wayang dan reok yang menyediakan pertunjukkan. Debus yang menjadi ciri khas masyarakat Banten juga menghadirkan aura mistik yang menghibur. Kesenian ini cukup berusia tua yang kini masih dilestarikan. Tidak hanya kaum dewasa, anak-anak banyak yang memainkan kesenian ini. Dengan pakaian celana panjang dan baju, memakai pecis dan sarung diikatkan di leher. Kesenian ini menjadi pertunjukan yang sangat elok.

Hadirnya Kesenian Musik Modern

Tidak melulu seni tradisional yang  bisa dinikmati oleh masyarakat. Kesenian modern juga hadir ditengah-tengah kita. K-pop misalnya, ini menjadi tren anak muda untuk memilih kesenian musik. Selain itu, banyak jenis genre musik yang dimainkan dengan peralatan modern seperti gitar, keyboard, drum, dan bass. Seni musik menjadi menarik untuk dinikmati saat dimainkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *